Pemanfaatan Teknologi Video Conference dalam Pelatihan Bil Qolam Gresik

Dalam rangka melanjutkan program pelatihan membaca Al-Quran yang telah dicanangkan oleh Bil Qolam pusat, pada Ahad 12 Februari 2017, kantor cabang Bil Qolam kabupaten Gresik bersama alumni Pesantren Ilmu Al Quran mengadakan rangkaian pelatihan membaca Al-Quran ala PIQ. Namun murobbi arwahina KHM. Basori Alwi selaku founding father Bil Qolam berhalangan hadir dikarenakan kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan beliau untuk hadir pada pelatihan ini. Sehingga pada pelatihan kali ini hanya dihadiri oleh Gus Anas Basori selaku Direktur Bil Qolam berikut para tutor dari Bil Qolam pusat, diantaranya Ust. Ahmad Nafi’, Ust. Abdulloh dan Ust. Shohibul Mirbath.

Meski Kyai Basori berhalangan hadir, panitia tetap tidak patah arang untuk tetap menghadirkan sosok beliau di tengah-tengah majlis. Apalagi dengan animo peserta pelatihan yang sangat tinggi akan kehadiran beliau. Dengan seizin beliau, pengurus Bil Qolam Gresik bekerjasama dengan tim TI Pesantren Ilmu Al-Quran menghadirkan sosok murobbi arwahina KHM. Basori Alwi di majelis Bil Qolam Gresik via teleconference sederhana: hanya menggunakan Facebook Messenger plus mic dan LCD proyektor.

Walaupun terkesan sangat sederhana, rupanya hal tersebut tidak menghalangi terjadinya interaksi yang sangat positif antara murobbi arwahina KHM. Basori Alwi dan para peserta pelatihan. Bahkan Kyai Basori bisa memberikan sambutan, doa bahkan mentashih bacaan peserta dengan lancar. Salah satu peserta selepas acara bahkan mengaku girang dengan adanya teleconference tersebut dikarenakan niat beliau mengikuti pelatihan ini selain untuk menerima ilmu membaca Al-Quran juga “ngalap barokah” dari murobbi arwahina KHM. Basori Alwi.

Akhirnya pelatihan Bil Qolam yang pada kesempatan kali ini bertempat di Masjid Agung Gresik bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Selamat kepada seluruh peserta pelatihan. Semoga ilmu yang didapat bisa menjadi berkah dan manfaat.⁠⁠⁠⁠


Rangga Pratama Wahyudiarta
Bil Qolam Gresik